Proses Domestikasi Domba

Posted by Komara Thursday, January 14, 2010

Domba merupakan hewan mamalia yang banyak diminati oleh banyak orang. Dari segi karakteristik, hewan ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan hewan. Salah satu kelebihan tersebut adalah rambut - rambut wool yang dimiliki domba inilah yang menjadi keunikan dari ternak domba dan tidak dimiliki oleh hewan lain.

Domba sudah sejak lama diternakan orang. Tercatat dalam sejarah peternakan, bahwa domba menjadi salah satu hewan yang diternakkan oleh manusia pertama kalinya. Serat – serat wool telah ditemukan diberbagai peninggalan kampung – kampung primitife di Swiss, dan diperkirakan telah berumur 20.000 tahun. Di mesir terdapat pahatan – pahatan yang mengukirkan betapa pentingnya hewan ini dikalangan mereka. Di jaman Romawipun telah melakukan domestikasi ternak domba. Ini dibuktikan dengan ditemukannya “Toga” yang biasa digunakan oleh bangsawan romawi, dimana toga tersebut terbuat dari tenunan bulu domba.

Domba dianggap keturunan dari jenis liar seperti Muoflon, yaitu sejenis domba yang berekor pendek. Jenis dan varietas yang terdapat di Eropa dan Asia adalah merupakan stok dasar untuk menghasilkan wool, daging, kulit serta susu. Praktek – praktek dari proses seleksi tidak hanya menyingkirkan instink – instink liar serta membiarkannya semakin tergantung pada manusia dalam hal tata laksana dan produksi, tetapi juga ekor domba sendiri menjadi lebih panjang.

Perkembangan produksi dan peradaban manusia semakin maju. Kegiatan pemintalan dan perajtan menjadi bagian dari perkembangan peradaban manusia sendiri, Domba menjadi sumber lahan emas untuk dijadikan produsen penghasil wol dari rambutnya. Ini memberikan peluang bagi manusia. Hingga muncullah jenis – jenis baru dan bangsa – bangsa domba yang baru sebagai penghasil wool yang berkualitas, tentu saja dengan mengorbankan beberapa sifat yang lain.

Jenis domba Merino dari Spanyol menjadi domba yang sangat dikembangkan dan menjadi salah satu bangsa domba pengahasil wool yang baik. Hingga domba menjadi barang yang penting dan mahal oleh Negara Spanyol saat itu. Inggris juga menjadi Negara yang mengembangkan domba dengan cara yang sama. Dan Inggris mampu mengembangkan banyak domba yang\dapat menyesuaikan dengan berbagai keadaan iklim di Inggris. Dan pada tahun 1500 Inggris dan spanyol menjadi Negara penghasil wool terbesar.

Sedangkan pada benua Amerika, domba bukanlah ternak asli dari sana. Ternak ini pertama kali dimasukkan oleh Colombus pada ekspidisinya yang kedua pada tahun 1493 ke India barat. Cortez memasukkan domba ke meksiko dan para misionaris Spanyol yang mengajarkan cara - cara menenun kepada orang – orang Indian, dan mereka juga ikut dalam mempopulerkan domba.

Secara karakteristik domba memiliki kesamaan antara sesama jenis domba, dan secara klasifikasi domba memiliki taksonomi sebagai berikut :

Kingdom : Animalia ( Hewan )

Phylum : Chordata ( Hewan bertulang belakang )

Class : Mamalia ( Hewan yang menyusui )

Ordo : Artiodactyla ( Hewan berkuku genap )

Famili : Bovidae ( Hewan memamah biak )

Genus : Ovis

Spesies : Ovis aries.

0 comments

Post a Comment

Kelahiran Domba Garut

Waktu Kawin
Bulan
Hari
Tahun
powered by PRBbutton