Aneka Jenis Domba

Posted by Komara Thursday, January 14, 2010

Pada umumnya domba diklasifikasikan oleh para peternak berdasarkan dari jenis wool yang dihasilkan. Selain itu juga ada faktor lain yang menjadi perhitungan klasifikasi, yaitu jenis daging, warna, dan ada tidaknya tanduk. Terhadap domba penghasil wool, diperhatikan klasifikasinya berdasarkan tingkatannya. Ada yang golongan wool halus, wool medium, wool persilangan, wool permadani, dan wool fur.

2.1 Bangsa – bangsa berbulu halus

2.1.1. Merino Amerika

Di impor oleh orang dari Spanyol ke Amerika pada tahun 1800. Putih merupakan warna karakteristik domba Merino Amerika yang biasanya bertanduk. Masa hidupnya panjang dan suka mengelompok. Terdapat dua jenis yaitu kelompok A dan B, berdasarkan dari tingkat kekeritingan rambut

2.1.2. Deboillet

Jenis ini merupakan hasil persilangan dari Rambouillet dengan Delaine Merino. Jenis ini berwarna putih, bertanduk, tangguh, serta dapat beradaptasi pada daerah kurang rumput sekalipun.

2.1.3. Delaine Merino

Strain dari Merino Spanyol yang mempunyai karekteristik berdaging dibandingkan dengan Merino Amerika. Memiliki warna putih, bertanduk, dan suka berkelompok, dan tubuhnya berbentuk keriting.

2.1.4. Rambouillet

Jenis ini dikembangkan dari stok Merino dari Spanyol. Domba ini berwarna putih, bertanduk , dan menonjol,karena woolnya berkualitas tinggi, mudah beradaptasi pada kondisi yang berat, dan memiliki ukuran yang tergolong besar diantara golongan berambut halus.

2.2. Bangsa Domba Berbulu Medium

2.2.1. Cheviot

Berasal dari Skotlandia yang didatangkan ke Amerika Serikat bagian Utara. Muka dan kaki bagian bawah berwarna putih dan tidak berbulu. Hidung berwarna hitam dengan kepala terangkat ke atas serta telinga tegak.

2.2.2. Dorset

Domba ini berasal dari Inggris dengan muka berwarna putih,bangsa ini sangat subur, beranak lebih awal, dan merupakan penghasil susu yang baik. Dorset lebih dikenal dengan karakteristiknya yang suka beranak pada musim panas.

2.2.3. Finnsheep

Domba bangsa ini berasal dari Finlandia dan banyak digunakan untuk proses kawin silang. Karena tinggkat kesuburannya yang istimewa, jenis ini sering disebut dengan anak sekelahiran banyak. Sebagian besar anak finnsheep mempunyai anak berwarna hitam. Dan ciri lain dari bangsa ini adalah memiliki ekor yang pendek

2.2.4. Hampshire

Bangsa ini memiliki perbedaan dari jenis domba yang lainnya. Jenis ini memiliki telinga dan hidungnya yang berwarna hitam, tidak berbulu, serta tidak memiliki tanduk. Badannya tegak dan kuat serta memiliki kekuatan yang sangat besar.

2.2.5. Montadale

Montadale merupakan domba hasil penyilangan darah dari 40% Cheviot dan 60% Columbia. Dimana memiliki karakteristik muka dan kakinya gundul, tidak bertanduk, ukuran tubuh yang medium, merupakan tipe domba daging dan berkualitas baik.

2.2.6. North Country Cheviot

Bangsa ini berasal dari Skotlandia, berwarna putih, dan biasanya tidak bertanduk, da sama Cheivot yang telah diuraikan . dan memiliki karakteristik wool yang tinggi.

2.2.7. Oxford

Domba oxford berasal dari Inggris ke Amerika pada tahun 1850. Tidak memiliki tanduk dan warnanya bervariasi. Domba ini berbadan besar, dan menghasilkan daging dan anak domba yang bagus.

2.2.8. Shropshire

Muka dari domba kelas ini berwarna hitam dan tidak memiliki tanduk, tetapi menonjol karena woolnya yang menutupi seluruh tubuh dari ujung hidung hingga kukunya.

2.2.9. Southdown

Domba yang memiliki penampilan yang hampir sama dengan penampilan Shropshire ini berasal dari Inggris Tenggara. Hidungnya berwana putih atau warna cerah, dengan tubuh bagian kaki ditumbuhi rambut yang jarang. Dari segi karkas dan daging, bangsa ini tidak diragukan lagi, karena memiliki kualitas yang sangat baik.

2.2.10. Suffolk

Domba yang berasal dari Inggris, dengan proporsional tubuh yang sangat besar, tahan panas, dan sangat tangguh. Dari segi penghasil susu, bangsa ini tergolong yang baik dalam produksinya. Namun domba bangsa ini memiliki karakteristik yang agresif dan cenderung kasar.

2.3. Domba - Domba Berbulu Panjang

2.3.1. Custwold

Berasal dari Inggris dan pertama kali diimpor ke daerah Amerika. Domba ini memiliki kualitas daging yang baik dan bulu yang panjang

2.3.2 Leicester

Daerah asal domba bangsa Leicester ini adalah dari Inggris. Memiliki kualitas daging dan bulu yang baik dengan wool yang panjang.

2.3.3. Lincoin

Domba ini lebih banyak digunakan di New Zaeland. Tidak bertanduk, dengan muka berwarna putih. Bulu menutupi sebagian muka dan kakinya. Bangsa ini memiliki dua keunggulan, yaitu merupakan bangsa domba terbesar dan merupakan domba tipe daging yang berbulu paling tebal

2.3.4. Romney

Berasal dari Inggrus, dengan wajah putih, muka lebar dan dahi menonjol. Selain berukuran besar , domba ini juga menonjol karena angka pertumbuhan yang cepat.

2.4. Domba Persilangan Penghasil Wol


2.4.1.Columbia

Merupakan hasil persilangan antara domba yang berbulu panjang dengan domba yang berbulu halus yang berasal dari Idaho, berwarna putih, mukanya lebar, dan memiliki kualitas bulu yang berkualitas tinggi.

2.4.2. Corriedale

Merupakan domba penghasil daging dan wool. Kepalanya tidak bertanduk, berwarna putih, dan bermuka lebar. Ukuran tubuhnya medium, tangguh, cepat dewasa kelamin. Dan merupakan domba tipe dwiguna ( penghasil wol dan daging yang baik.

2.4.3.Panama

Negara bagian Idaho menjadi asal domba bangsa ini. Penampilan dan karakteristiknya hampir sama dengan bangsa Columbia.

2.4.4.Targhee

Targhee berasal dari ¾ bangsa Rambouillet dan ¼ domba berbulu panjang, terutama sering menggunakan Lincoln. Domba ini merupakan hasil dari pengembangan oleh pusat penenlitian Domba di Amerika di Dubois, Idaho. Karakteristiknya yang paling menonjol adalah hasil woolnya yang berat dan panjang.

2.5. Bangsa Domba penghasil Karpet


Hanya satu jenis domba yaitu Highland bermuka hitam dari Scotlandia yang menjadi produsen besar industry karpet. Domba ini memiliki tanduk, dengan kaki berbulu, berwarna hitam atau belang – belang.

2.6. Bangsa domba penggasil Fur

Nama domba karakul berasal dari asia tengah, tempat asal domba ini. Berwarna hitam atau cokelat, dan hanya jantan saja yang bertanduk. Ekor yang dimiliki pendek dan lebar. Produksi utama dari jenis ini adalah bulu dankulitnya, dan dagingnya agak kurang. Untuk kulitnya dklasifikasikan menjadi “broadtail”, “Persian Lamb”, dan “Caracul”.

0 comments

Post a Comment

Kelahiran Domba Garut

Waktu Kawin
Bulan
Hari
Tahun
powered by PRBbutton