Sejarah Saung DORUT

Posted by Komara Thursday, January 7, 2010

Saung Dorut alias Domba Garut didirikan pada 27 November 2009 bertepatan dengan hari raya idul adha 1430 H di daerah Sukahaji-Majalengka, Jawa barat. Berawal dari keinginan mempunyai usaha sampingan demi masa tua nanti, saya selalu berfikir untuk mempunyai sebuah usaha di pedesaan yaitu bisnis kambing, setiap saat mencari referensi dari om GOOGLE tentang kambing apa yang cocok buat di ternak, saya coba search sebuah word di GOOGLE dengan kata "kambing". Ternyata yang muncul semua usaha kambing PE atau etawa. Awalnya saya sangat tertarik untuk bisnis kambing etawa tersebut. Melihat keuntungan beternak kambing etawa yaitu susu, pupuk, harga jual yang mahal dari anak dll.

Saya coba kordinasi dengan saudara-saudara di desa, apakah ada yang mau untuk beternak kambing etawa tapi ternyata tidak ada yang mau karena penjualan kambing etawa di daerahku majalengka jarang sekali yang menyukai kambing melainkan domba.
Ada salah satu saudaraku, sebut saja mang koko sangat antusias untuk memiliki usaha ternak domba. awalnya kami akan ternak domba-domba biasa saja, tetapi karena prospek ke depannya untuk domba biasa akan susah melakukan penjualannya dikarenakan domba biasa memiliku tubuh kecil dan daging yang sedikit. Akhirnya mang koko memutuskan untuk beternak domba garut yang memiliki perawakan yang cukup bagus serta dagingnya yang lumayan enak.
Setelah sepakat saya dan dan saudara yang hendak merawat nantinya, kami bertekad untuk beternak domba garut di desa sukahaji-Majalengka. Dalam kerja sama ini, saya selaku pemilik dan pemberi dana dan mang koko yang akan merawat domba dengan sistem bagi hasil 50%-50% untuk setiap bikang yaitu kambing wanita yang sudah melahirkan.
Semoga usaha bisa berjalan lancar. AMIN...---------

0 comments

Post a Comment

Kelahiran Domba Garut

Waktu Kawin
Bulan
Hari
Tahun
powered by PRBbutton